08 Maret 2008

INVESTOR MENDORONG HARGA MINYAK KE LEVEL BARU

Sumber : OGJ – 7 Maret 2008

+ Harga minyak menyentuh level baru pada 6 Maret lalu yang didorong bukan oleh arus minyak tetapi oleh arus uang dari dana pensiun, hedge fund, dan spekulan atas komoditi energi tersebut.
+ Nilai Dollar AS turun ke level terbawah dimana nilai Euro naik melewati US$ 1.54 untuk pertama kali. Permintaan minyak dunia sedikit melambat namun masih dalam tren naik meskipun harga minyak begitu tinggi. Masih berkaitan dengan hal ini, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada tanggal 7 Maret bahwa tingkat pengangguran nasional turun menjadi 4,8% ditambah indikasi lainnya yang menjadikan AS bisa masuk ke dalam resesi ekonomi.
+ Saat yang sama, krisis di Amerika Selatan mulai memanas setelah militer Kolombia menyerbu masuk wilayah Ekuador dan berhasil membunuh pemimpin pemberontak FARC dan Nikaragua memutus hubungan dengan Kolombia atas serangan tersebut. Presiden Nikaragua Daniel Ortega merupakan sekutu Presiden Ekuador Rafael Correa bersama Presiden Venezuela Hugo Chavez. Chavez pada awal krisis mengancam bahwa Venezuela akan bergabung dengan Ekuador melancarkan serangan ke Kolombia. Meski demikian Chavez akhirnya melakukan upaya meredakan ketegangan dengan membuka pertemuan para Presiden Amerika Selatan di Santo Domingo, Republik Dominika tanggal 7 Maret. Ekuador dan Venezuela telah mengirim pasukannya ke perbatasan Kolombia namun Presiden Kolombia Alvaro Uribe tidak melakukan persiapan militer yang sama.
+ Di NYMEX tanggal 6 Maret, harga kontrak April untuk US light sweet menyentuh level baru US$ 105.97/barel sebelum akhirnya ditutup pada posisi US$ 105.47/barel. Kontrak Mei sendiri naik 98 sen menjadi US$ 104.67/barel.
+ Di pasar spot AS, minyak WTI naik 96 sen menjadi US$ 105.48/barel.
+ Di NYMEX, harga heating oil April naik 3.02 sen menjadi US$ 2.97/galon. Kontrak gas alam untuk April naik tipis 0.1 sen dan dianggap tidak berubah pada level US$ 9.74/MMbtu.
+ Di pasar spot AS, harga gas di Henry Hub naik 27 sen menjadi US$ 9.68/MMbtu.
+ Di bursa IPE London, kontrak April untuk minyak Brent Laut Utara naik 97 sen menjadi US$ 102.61/barel. Sedangkan kontrak Maret gas oil naik US$ 7.50 menjadi US$ 965/ton.
+ Harga OPEC Basket-12 naik US$ 2.51 menjadi US$ 98.46/barel pada tanggal 6 Maret.

Tidak ada komentar: