09 Maret 2008

RESUME BERITA INTERNASIONAL 8 MARET 2008

Kelangkaan BBM bisa berlangsung beberapa minggu

Sumber : Canada TV Winnipeg – 7 Maret 2008

Janganlah terlalu sering Anda mengatakan : para pengendara di Winnipeg selalu mendapatkan pelayanan yang baik di sejumlah SPBU. Kelangkaan bahan bakar menyebabkan sejumlah SPBU hanya bisa menjual premium dengan harga yang sama dengan regular.

Sejumlah SPBU di Winnipeg hanya memiliki sedikit cadangan regular dan mereka tidak yakin kapan akan mendapat pasokan tambahan. Masalahnya ada di kilang Imperial Oil di Edmonton dimana produksi menurun akibat kerusakan unit pengolahan. Juru bicara perusahaan tersebut, Gordon Wong mengatakan kepada Canada TV News bahwa pelanggan bisa mengalami kelangkaan yang sporadis akan bensin dan diesel dalam jangka pendek di sejumlah SPBU Esso di Kanada Barat. Meski akan terjadi kelangkaan, Wong mengatakan bahwa Imperial Oil akan berusaha mengimpor bahan bakar bagi keperluan di Kanada Barat.

Kilang Imperial Oil di Edmonton hanya beroperasi dengan kapasitas 50% karena kerusakan unit pengolahannya. Perusahaan tersebut akan melakukan segala upaya untuk mengembalikan jumlah produksi namun tidak memberikan tenggat waktu kapan akan pulih. Para pejabat Imperial Oil divisi bahan bakar mengatakan bahwa mereka berharap bisa mendapat kiriman bahan bakar dalam beberapa hari ke depan. Dalam waktu tersebut, para pemilik kendaraan di Winnipeg diharapkan bisa sedikit rela mengeluarkan uang yang lebih banyak saat membeli bahan bakar jenis premium mengingat belum dipasoknya regular.


****

Menemukan harga bensin dengan harga tinggi
Sumber : Business & Media Institute – 6 Maret 2008

Saat sebuah SPBU muncul di tayangan TV maka Anda bisa menebak jika harga bahan bakar di SPBU tersebut lebih tinggi dari rata-rata nasional. Anda menebak lagi dan benar, itulah kenyataan yang diliput oleh presenter Ann Curry, di acara Today NBC pada tanggal 6 Maret lalu.

“Harga minyak melambung lagi pagi ini ke level baru yaitu US$ 105/barel. Kenaikan tersebut salah satunya karena keputusan OPEC pada Rabu lalu yang tidak akan menambah produksi,” Curry mengatakan. “Harga minyak tersebut menyebabkan harga bensin naik lebih dari US$ 4/galon di SPBU Redwood City, California.”

Foto SPBU Redwood City dengan jelas menunjukkan harga regular gasoline sebesar US$ 3.99/galon sedangkan bahan bakar jenis middle dan premium lebih dari US$ 4, tepatnya US$ 4.19 dan US$ 4.39/galon.

Meskipun harga BBM di SPBU Redwood City harganya lebih dari US$ 4/galon, laporan Curry tersebut bisa disebut ekspos media yang berlebihan. Jika ada saatnya memberitakan laporan ekonomi negatif maka media berusaha fokus pada contoh-contoh yang ekstrim bukannya memberikan data yang valid.

Berbeda dengan contoh berita NBC diatas dimana harga di SPBU rata-rata diatas US$ 4 maka menurut laporan AAA rata-rata harga regular gasoline nasional adalah sebesar US$ 3.19/gallon untuk tanggal 6 Maret ini sedangkan Mid grade : US$ 3.38 dan Premium : US$ 3.50/galon.


****

Kenyataan getir Caltex Australia tentang harga gasolin
Sumber : Daily Telegraph Australia – 6 Maret 2008

Naiknya harga bahan bakar adalah impian setiap perusahaan minyak namun menjadi mimpi buruk bagi pemilik kendaraan bermotor, dimana harga bisa naik lebih dari US$ 3/liter.

Tampaknya menjadi hal yang aneh dimana perusahaan minyak terbesar di Australia yaitu Caltex Australia mengatakan kenaikan sebesar US$ 3/liter bisa terjadi dan setiap orang Australia menganggap diri mereka beruntung jika belum membayar lebih mahal untuk mengisi tangki kendaraannya.

Sampul majalah Caltex yang bernama The Star edisi terbaru menampilkan headline prediksi harga BBM di dekade mendatang yang harganya bisa mencapai 334.9 sen AU/liter. Mr King dari Caltex percaya bahwa harga BBM bisa naik di tahun-tahun mendatang saat pasokan minyak sulit didapat dan pemerintah Australia menerapkan pajak yang tinggi atas bahan bakar fosil dalam rangka mencegah perubahan iklim.

Harga BBM termurah ada di Sydney, yang bisa dianggap termurah minggu ini sebesar 128.9 sen/liter dimana dijual di SPBU the United di Kogarah Bay.

Caltex yakin bahwa biaya minyak akan semakin mahal, menurunnya kapasitas kilang global, semakin ketatnya standar kualitas bahan bakar, dan penerapan biaya karbon oleh Pemerintah Australia ditenggarai akan membawa dampak baik bagi pencegahan perubahan iklim.

Harga BBM di Australia adalah yang paling rendah keempat diantara negara maju. Tahun 2006, Meksiko, AS, dan Kanada merupakan negara maju yang harga BBMnya lebih murah dari Australia. Turki, Norwegia, Belanda, Belgia dan Inggris adalah negara dengan harga BBM tertinggi di dunia dimana harganya ekivalen diatas 240 sen AU/liter.


****

Tidak ada komentar: