10 Maret 2008

RESUME BERITA NASIONAL 10 MARET 2008

KELANGKAAN BBM DI MAJENE BELUM TERATASI
Sumber : Liputan6 – 9 Maret 2008

Majene:
Kelangkaan bahan bakar minyak di Majene, Sulawesi Barat, hingga Ahad (9/3), belum teratasi. Akibat kelangkaan itu, pasokan BBM yang dikirim ke stasiun-stasiun pengisian bahan bakar umum di Mejene habis dalam waktu dua jam. Pasokan BBM dari Pertamina Pare-pare berkurang hingga 50 persen atau 8.000 liter per hari. Kendaraan dijatah 10 liter per hari. Antrean kendaraan mengular di hampir semua SPBU setiap hari.


****

KELANGKAAN PREMIUM DI MADURA BERLANJUT
Sumber : Metro TV – 8 Maret 2008

Sampang:
Kelangkaan bahan bakar minyak jenis premium terjadi di sejumlah pom bensin di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Kelangkaan premium yang sudah berlangsung sejak dua hari terakhir ini disebabkan telatnya pengiriman tanker ke Depo Pertamina Camplong.

Sejumlah pom bensin kini sudah memasang tanda BBM premium kosong. Di SPBU Banyuanyar, misalnya. Dalam dua hari terakhir, pom bensin ini kehabisan stok premium. Pekerja SPBU terlihat duduk-duduk santai. Sesekali mereka memberi kode bahwa BBM habis kepada pengendara yang mencoba memasuki areal SPBU.

Hal serupa juga terjadi di SPBU Tambaan Camplong dan SPBU Sampang Kota. Meski dekat dengan Depo Pertamina Camplong, pom bensin ini tetap kehabisan stok sejak tadi pagi. Di SPBU Sampang Kota bahkan terjadi antrean sepanjang satu kilometer. Kelangkaan premium tidak hanya terjadi di Sampang. Di Pamengkasan, Bangkalan dan Sumenep juga terjadi kelangkaan premium.

****

PREMIUM MASIH LANGKA DI BANGKALAN
Sumber : Metro TV – 9 Maret 2008

Bangkalan:
Bahan bakar minyak jenis premium masih langka di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Antrean panjang kendaraan terjadi di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Salah satunya di SPBU Junok. Hampir tiga hari ini, sejumlah kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat mengantre berjam-jam di pom bensin ini.

Sementara di SPBU Blega, stok premium telah habis. Petugas pom bensin ini mengaku saat ini sudah tidak ada kiriman premium lagi dari Pertamina. Akibat ini stok premium tak tersedia lagi.

****

DUA PEKAN PREMIUM SULIT DIPEROLEH DI MAJENE
Sumber : Metro TV – 8 Maret 2008

Majene:
Kelangkaan bahan bakar minyak jenis premium masih berlangsung di Majene, Sulawesi Barat. Akibatnya, antrean panjang kendaraan menjadi pemandangan sehari-hari di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) di Kota Majene.

Kelangkaan BBM ini sudah berlangsung selama dua pekan terakhir. Warga pengguna kendaraan harus antre berjam-jam untuk mendapatkan premium. Seorang warga mengatakan, ia harus antre selama lima jam untuk mendapatkan beberapa liter premium. Ia terpaksa antre di pom bensin karena di tingkat eceran, premium juga sudah langka.

Sejumlah pemilik SPBU mengatakan kelangkaan premium di Kota Majene disebabkan berkurangnya jatah dari Pertamina. Dalam beberapa hari terakhir, jatah untuk sejumlah SPBU dikurangi menjadi 8.000 ton dari semula 16 ribu ton.(DEN)

****

PREMIUM LANGKA DI MATARAM
Sumber : Metro TV – 8 Maret 2008

Mataram:
Sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Mataram, Nusatenggara Barat, kehabisan stok premium. Ujungnya, warga terpaksa antre berjam-jam di pom bensin. Demikian pantauan Metro TV di Mataram, Jumat (7/3) siang.

Kelangkaan premium di Mataram terjadi karena adanya pengurangan suplai dari Pertamina. Setiap SPBU kini hanya dijatah 10 ton per hari. Padahal biasanya mereka disuplai sebanyak 20 ton. Buntutnya banyak warga terpaksa membeli bensin di pengecer seharga Rp 8.000-10.000 per liter.

Kondisi nyaris sama dirasakan warga Kendari, Sulawesi Tenggara. Antrean kendaraan di SPBU kini menjadi pemandangan sehari-hari di kota itu. Bahkan ada sebagian calon pembeli yang nekat menginap di pom bensin demi mendapatkan premium. Ironisnya keadaan ini sudah berlangsung hampir satu bulan.

Selain harus mengantre, pembelian bensin juga dibatasi hanya Rp 70 ribu per kendaraan roda empat. Kenyataan ini sangat memukul para sopir angkutan kota. Kini mereka hanya bisa beroperasi setengah hari.


****

KELANGKAAN BBM DI DENPASAR MAKIN PARAH
Sumber : Liputan6 – 8 Maret 2008

Denpasar:
Kelangkaan premium di Kota Denpasar, Bali semakin parah. Antrean panjang masih ditemui di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Belum tahu kapan pasokan premium dari Pertamina kembali normal. Pantauan SCTV, Sabtu (8/3), hampir seluruh SPBU di Denpasar memasang papan pengumuman bensin habis. Karena tidak ada pilihan lain, warga akhirnya membeli pertamax meskipun mahal tetapi barangnya masih ada. Menurut Wira Penjualan Pertamina Bali Putut Adrianto, penyebab kelangkaan premium karena distribusi dari depo terhambat akibat kemacetan menjelang Nyepi. Anehnya setelah Nyepi, premium tetap langka meskipun tidak ada kemacetan.







Tidak ada komentar: