07 Maret 2008

RESUME BERITA NASIONAL 7 MARET 2008

POLRESTA PALANGKARAYA MENYITA PULUHAN DRUM BBM BERSUBSIDI

Sumber : Metro TV – 5 Maret 2008

Palangkaraya:
Jajaran Polres Kota (Polresta) Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (4/3), berhasil menggagalkan penjualan bahan bakar minyak (BBM) ilegal keluar wilayah Palangkaraya. Penjualan BBM bersubsidi ke luar Palangkaraya ini diduga sebagai biang kelangkaan di kota ini. Polisi menyita 53 drum BBM jenis premium dan 37 jerigen berisi solar dalam operasi di Jalan Arut dan bantaran Sungai Kahayan. Polisi juga menangkap enam tersangka. Para tersangka yang tidak memiliki izin itu hendak menjual BBM bersubsidi ini ke kalangan industri di luar Kota Palangkaraya.

Menurut Kepala Polresta Palangkaraya Ajun Komisaris Besar Polisi Andi Fahiran Andi, para tersangka akan dijerat dengan Undang-Undang Minyak dan Gas dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara dan denda sebesar Rp 30 miliar.

****

PILIH KASIH, ANTREAN MINYAK TANAH RICUH

Sumber : Liputan6 – 6 Maret 2008

Surabaya:
Pertengkaran mulut nyaris berkembang menjadi adu fisik antara dua pembeli minyak tanah yang tengah antre di kawasan Mulyorejo, Surabaya, belum lama ini. Hal itu dipicu kebijakan pemilik pangkalan minyak tanah yang lebih memprioritaskan menjual ke warganya sendiri dari pada pembeli dari Mulyorejo. Antrean warga yang akan membeli minyak tanah memang sudah menjadi pemandangan biasa hampir di setiap pangkalan minyak tanah di Kota Surabaya. Selain harga minyak tanah lebih murah, warga mengaku masih takut jika menggunakan elpiji.

****

WARGA KENDARI ANTRE BENSIN HINGGA MALAM

Sumber : Liputan6 – 7 Maret 2008

Kendari:
Kelangkaan bahan bakar minyak jenis premium di Kendari, Sulawesi Tenggara hingga Kamis (6/3) terus berlanjut. Di SPBU Jalan Ahmad Yani, Kendari, antrian panjang sepeda motor dan mobil terjadi sejak maghrib hingga larut malam. Warga tak punya pilihan lain karena dari sembilan pompa bensin di Kendari hanya SPBU ini yang masih memiliki stok bahan bakar minyak. Warga memilih antre karena mereka khawatir stok bensin SPBU ini besok akan habis. Menurut pengelola SPBU kelangkaan bensin disebabkan berkurangnya jumlah pasokan dari Pertamina.


****

HANYA DUA POM BENSIN BUKA DI KENDARI

Sumber : Liputan6 – 6 Maret 2008

Kendari:
Ribuan warga Kendari, Sulawesi Tenggara, kesulitan memperoleh bahan bakar minyak jenis premium dan solar. Dari sembilan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang ada di Kota Kendari, hanya dua yang masih beroperasi pada Kamis (6/2). Tak ayal, ratusan kendaraan harus mengantre sejauh satu kilometer di pom bensin yang masih buka, Bagi pengemudi yang tak mau mengantre di pom bensin, mereka terpaksa membeli BBM di pengecer yang harganya mencapai Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per botol. Adapun kelangkaan BBM yang sudah terjadi sepekan ini menurut pihak Pertamina disebabkan tanker yang membawa BBM dari Makassar, Sulawesi Selatan, belum juga tiba di Kendari akibat cuaca buruk.

****

PEMERINTAH JANGAN TAKUT NAIKKAN HARGA BBM

Sumber : Liputan6 – 7 Maret 2008

Jakarta:
Pemerintah akan menghemat pemakaian energi untuk menyelamatkan anggaran negara 2008 akibat naiknya harga minyak mentah dunia. Di antaranya dengan membatasi pemakaian premium dan solar bersubsidi dengan kartu pintar atau smart card, serta membatasi minyak tanah dengan kartu kendali.

Pemerintah juga akan menggelar program insentif dan dis-insentif untuk menghemat listrik Ingin Dapat Insentif, Hemat Listrik. Namun, menurut Ketua Panitia Anggaran DPR, Emir Moeis, berbagai kebijakan itu tidak akan efektif. Sebaiknya/pemerintah jujur saja untuk menaikkan harga bahan bakar minyak dan tarif listrik. Sebab dengan menaikkan solar Rp 500 per liter dan minyak tanah Rp 1.000 akan sangat banyak menolong anggaran negara.


Tidak ada komentar: