12 Maret 2008

SPBU PERTAMINA COCO PALEMBANG, TERTINGGI GDVNYA


Sumber : Survei BBMWATCH Research Indonesia 2006

DISTRIBUTION VALUE
+ Debit kendaraan yang masuk SPBU ini mencapai 3.900 kendaraan/ hari untuk jenis Premium (TINGGI).
+ Perbandingan kendaraan yang masuk dari yang lewat SPBU mencapai Kisaran 20 % (MASIH RENDAH).
+ Kinerja SPBU secara umum mendapat nilai 98 (Skala 100: SANGAT TINGGI) khususnya untuk aspek LK3 dan aspek pelayanan (S-O-P) dengan nilai 100 (SEMPURNA).
+ Dengan alokasi mencapai rata-rata 40 KL, Konstanta GDV Premium SPBU ini adalah 4.3 (SANGAT TINGGI).

Gas Station Distribution Value (GDV) merupakan sebuah metode penilaian alokasi optimal-rasional untuk SPBU dengan mempertimbangkan aspek kinerja (performance), Debit kendaraan yang masuk ke SPBU, serta alokasi aktual SPBU. Ketiga aspek ini kemudian dihitung melalui sebuah formula khusus yang sejak awal dikembangkan di UPMS II Pertamina.

Dari survei dan analisis yang dilakukan BBMwatch Research dan Pertamina UPMS II diperoleh beberapa SPBU dengan indeks GDV nyaris sempurna (skala 4). Pada edisi ini kami tampilkan hasil penilaian salah satu SPBU di propinsi Sumatera Selatan yang mempunyai indeks GDV tertinggi. SPBU tersebut adalah SPBU COCO (Company Owned, Company Operated) milik Pertamina bernomor 21.301.01.

SPBU yang berlokasi di Kota Palembang ini memang terbilang strategis, SPBU yang berdiri tahun 2005 ini mendapatkan alokasi premium sebesar 39-40 KL/ hari dan Solar 16 KL/ hari. Hal ini bisa dipahami karena dari perhitungan debit kendaraan yang masuk mencapai rata-rata 3.900 kendaraan premium per hari dan 1.253 kendaraan solar per hari.
Sebagian besar kendaraan premium yang masuk adalah jenis mobil yang mencapai 120 kendaraan per jam. Sedangkan untuk jenis motor roda 2 mencapai lebih dari 200 motor per jam. Sedangkan untuk kendaraan jenis solar yang paling tinggi adalah jenis roda 4 yang bisa mencapai 40 kendaraan per jam. Sedangkan untuk jenis truk berbahan bakar solar kurang dari 10 kendaraan per jam.

Potensi pasar dari SPBU ini juga terbilang masih sangat tinggi. Dari kendaaan yang lewat SPBU per hari, baru sekitar 20,95 % kendaraan jenis premium yang masuk ke SPBU dan 22,69% untuk jenis solar. Dari hasil perhitungan BBMwatch potensi kendaraan yang lewat SPBU mencapai 18.614 Kendaraan/ hari untuk premium dan 5.523/ hari kendaran untuk solar.

Dari sisi kinerja, SPBU Pertamina ini juga termasuk memiliki kinerja tertinggi. Skala kinerja SPBU ini mencapai 98 atau sangat baik. Dari aspek SOP (pelayanan) SPBU mendapat nilai 100 (Skala 100). Hal yang sama dengan Aspek LK3/ Pengelolaan Lingkungan yang juga mendapat nilai 100. Sedangkan dari aspek teknis seperti kondisi fisik/ Infrastruktur SPBU ini mendapatkan nilai 79 (Kategori TINGGI).

Dengan besaran alokasi yang saat ini, maka berdasarkan perhitungan BBMwartch, Indeks GDV SPBU ini mencapai konstanta 4,3 untuk Premium dan 2,9 untuk Solar. Meski demikian SPBU ini tidak direkomendasikan untuk bisa mendapatkan penambahan alokasi baik untuk Premium dan Solar.*** (BBMwatch Research)

1 komentar:

Hendra desta mengatakan...

permisi pak..
saya mau jual tanah cocok untuk spbu di pinggir jalan raya Baturaja timur Sumsel, lokasi sudah ramai dekat pasar baturaja, depannya sedang di bangun hotel, sebelahnya sudah ada showroom mobil, dan di dekatnya juga sudah ada alfamart, luas tanah 3900m2 bentuk tanah kotak, mau dijual cepat nih pak, untuk info lebih lanjut bisa hubungi saya di email saya, hendra_desta@yahoo.co.id
atau di telepon 081380303522
terima kasih sebelumnya pak, wasalam