16 Maret 2008

RESUME BERITA INTERNASIONAL 15 MARET 2008

Kegagalan mencegah pajak BBM
Sumber : The Register-Guard – 14 Maret 2008

Para pemilik SPBU di Eugene tampaknya mengalami kegagalan dalam mencegah diberlakukannya pajak bahan bakar sebesar 2 sen/galon. Pemilik SPBU gagal mengajukan petisi referendum karena tidak cukup dalam mengumpulkan tandatangan pemilih terdaftar di kota Eugene dalam mencegah diberlakukannya pajak bahan bakar tersebut pada pemilihan tanggal 20 Mei nanti, kata Ketua Pemilihan Lane County, Annette Newingham. Jika pemilih menolak pajak 2 sen pada bulan Mei nanti maka kota ini akan kehilangan US$ 1.3 juta/tahun yang dialokasikan untuk perbaikan jalan dan trotoar. Dengan gagalnya petisi tersebut maka kota akan mendapat uang dari pengumpulan pajak tersebut pada 1 April nanti, kata Juru Bicara Departemen Pekerjaan Umum kota itu Erik Jones.

Upaya petisi yang didanai oleh para pemilik SPBU dan Oregon Petroleum Association memerlukan tandatangan sedikitnya 6.365 pemilih terdaftar agar petisi itu dinyatakan valid dan bisa diuji saat referendum. Namun hasil verifikasi Kantor Pemilihan Kabupaten Lane menyatakan bahwa petisi itu hanya berisi 5.914 tandatangan valid. Newingham menyatakan bahwa upaya petisi itu banyak berisi tandatangan yang buruk.

Berdasarkan peraturan negara bagian, pejabat pemilihan tidak akan memeriksa masing-masing tandatangan jika jumlahnya bisa mencapai 10.813 atau minimal 6.365 agar petisi itu bisa digulirkan menjadi referendum. Pejabat pemilihan bisa melakukan uji validitas tandatangan sebanyak 1.081 atau 1.082 dalam suatu petisi agar bisa dijalankan sebagai sebuah referendum. Dari total 1.198 tandatangan dari sampel itu dinyatakan tidak valid kata Newingham. Kebanyakan berisi tandatangan pemilih diskualifikasi karena tidak terdaftar di Oregon, kabupaten Lane atau Eugene, ia mengatakan. Newingham berkata bahwa ia tidak mengerti mengapa panitia pengumpul suara bisa mendapatkan begitu banyak tandatangan yang tidak valid. Hal ini tergantung dari bagaimana menginformasikan kepada pemberi tandatangan dan berapa banyak jumlah pertanyaan yang diajukan panitia pengumpul suara petisi kepada mereka, ia menambahkan.

Naiknya harga bahan bakar telah membawa sejumlah orang untuk menandatangani petisi yang seharusnya tidak mereka lakukan, ia mengatakan. “Harga bahan bakar telah membuat warga emosional. Bagaimana tidak ?” Newingham berkata. “Anda menemukan tandatangan di petisi itu berasal dari berbagai macam orang yang membeli bahan bakar di SPBU di Eugene namun tidak terdaftar untuk memilih baik di kota maupun di kabupaten.” Referendum merupakan pertempuran terakhir dalam perang antara pihak kota dengan Oregon Petroleum Association dalam menolak pajak bahan bakar lokal yang berlaku di seluruh wilayah negara bagian tersebut.

****

Harga BBM terus naik di Long Island pada hari kedua
Sumber : Newsday – 13 Maret 2008

Berdasarkan survei harian yang dilakukan oleh AAA terhadap SPBU, harga bahan bakar naik ke level baru dengan rata-rata mencapai US$ 3.352/galon untuk jenis regular. Untuk hari kedua harga bahan bakar gasolin mencapai titik tertinggi dan ada di Negara Bagian Long Island, hal itu didasarkan pada laporan AAA Daily Fuel Gauge Report yang mensurvei 60.000 SPBU di seluruh AS.
Unleaded Regular :
+ kemarin : US$ 3.352/galon
+ hari ini : US$ 3.360/galon

Harga premium naik dari US$ 3.662/galon menjadi US$ 3.671/galon. Sehingga harga diesel naik dari US$ 4.137 menjadi US$ 4.189/galon. Setahun yang lalu di Long Island harga regular mencapai US$ 2.734 dan premium US$ 2.987/galon. Sedangkan diesel US$ 2.198/galon.

Harga minyak setahun lalu US$ 62/barel sekarang mencapai US$ 109/barel.

Keadaan makin memburuk. Berdasarkan AAA, harga gasolin/galon di Negara Bagian New York jauh lebih mahal dibandingkan yang termahal di seluruh wilayah AS.

Harga regular unleaded/galon untuk California mencapai US$ 3.609; Hawaii US$ 3.587; Washington US$ 3.510; Oregon US$ 3.438; Alaska US$ 3.428; West Virginia US$ 3.393; Ohio US$ 3.374.

Berita buruk bukan hanya untuk pemilik kendaraan tetapi juga pemilik rumah. Karena pemilik rumah menggunakan heating oil untuk penghangat ruangan maka survei pada Senin lalu di Long Island menyatakan bahwa harga bahan bakar tersebut mencapai US$ 3.837/galon atau naik US$ 1.16 dari tahun lalu.

Tidak ada komentar: