17 Maret 2008

RESUME BERITA INTERNASIONAL 17 MARET 2008

BP menaikkan harga Unleaded Petrol
Sumber : Fuelwatch Australia – 17 Maret 2008

Sejumlah SPBU milik BP di Australia Barat menaikkan harga jual BBM jenis unleaded petrol pada hari Senin ini, 17 Maret sebesar 12.4 sen/liter menjadi 147.9 sen/liter. Ini merupakan sinyal dimulainya siklus harga baru, hari Senin atau Minggu merupakan waktu yang tepat untuk mengisi bahan bakar. Pada hari Senin ini ada 220 SPBU yang menjual bahan bakar dibawah harga rata-rata metropolitan sebesar 136.5 sen/liter.

****

Harga Rata-rata Nasional BBM di AS
Sumber : AAA Fuel Gauge Report – 16 Maret 2008 (US$/galon)

+ Regular : 3.285
+ Mid : 3.488
+ Premium : 3.614
+ Diesel : 3.989
+ E85 : 2.730

Harga Tertinggi Tanggal 16 Maret 2008 :
+ Regular Unleaded : 3.285
+ Diesel : 3.989

****

Gang “Card Skimming” mengincar SPBU dan mesin tiket stasiun kereta api
Sumber : Telegraph.co.uk – 16 Maret 2008

Sekelompok gang yang menggunakan peralatan teknologi canggih dalam mencuri informasi kartu kredit warga saat membeli tiket di stasiun kereta api berhasil dihentikan.

Pernahkah Anda menjadi korban penipuan kartu kredit ?

Gang Rumania menggunakan kamera mini dan pembaca strip magnetik dalam mencatat nomor pin dan detil kartu kredit yang nantinya dipakai untuk membuat kartu kredit palsu.

Aksi penipuan ini kemungkinan berhasil meraup ratusan ribu pound. Saat penahanan Ion Tanese, 28 dan Ioan Filip 36 di Pengadilan Kerajaan Southwark, London, Hakim Andrew Goymer mengatakan bahwa operasi kejahatan ini disinyalir menimbulkan kerugian cukup besar bagi para pelancong pemilik kartu kredit. Kasus ini muncul secara cepat dan menjadi tren di seluruh gang Eropa Timur yang salah satu operasinya adalah mengincar ATM di bank lalu beralih ke mesin tiket di stasiun kereta api.

Kejahatan pemalsuan kartu kredit ini menimbulkan kerugian sebesar 144.3 juta pound yang dicuri dari rekening di Inggris, naik 46% dari jumlah hasil kejahatan yang sama tahun 2006. Sekitar 113 juta pound berasal dari penarikan di luar negeri.

Di suatu pagi bulan lalu di stasiun kereta api bawah tanah Paddington, London seorang petugas Polisi Transportasi Inggris melihat alat pembaca kartu elektronik yang disebut sebagai skimmer ditempelkan di slot kartu mesin tiket dan sebuah kamera mini dipasang diatas number pad. Beberapa jam sebelumnya kamera CCTV merekam 2 orang yang memasang alat double sided tape di mesin tiket, dan akhirnya orang itu diidentifikasi sebagai Tanese dan Filip. Orang-orang tidak sadar jika kartu kreditnya sedang dipalsukan namun saat Tanese dan Filip akan kembali untuk mengambil alat skimmer tersebut polisi lalu bergerak menangkap mereka.

Awal bulan ini, dua orang itu telah tertangkap tangan memiliki alat skimmer yang digunakan untuk pemalsuan. Tanese yang sebelumya telah dideportasi dari Inggris lalu dipenjarakan selama setahun dan Filip selama 6 bulan. Hakim tidak bisa memerintahkan deportasi mengingat Rumania telah masuk sebagai anggota Uni Eropa dan vonis hakim hanya dibawah 2 tahun.

Ilmuwan forensik tengah meneliti alat skimmer ini untuk melacak berapa banyak kartu kredit yang sudah dipalsukan. Ahli mengatakan rata-rata 850 pound berhasil dicuri untuk setiap kartu kredit yang dipalsukan.

Tahun lalu polisi menemukan 27 alat yang sama di mesin tiket stasiun kereta bawah tanah di London. Gang inipun mengincar mesin ATM di bank dan alat pembaca chip dan pin yang ada di supermarket serta SPBU. Catalin Sandulachi seorang warga Rumania berumur 25 tahun dipenjara November lalu setelah ia tertangkap tangan memasang alat skimmer di ATM stasiun bawah tanah Finchley Road. Tahun 2006, Shell memblokir pembayaran lewat chip and pin payment di 600 SPBU miliknya setelah sekitar 1 juta pound hilang dari rekening pelanggannya yang data kartu kreditnya dipalsukan.

Tidak ada komentar: